Apa Itu Makar...???

makar
Apa itu makar?
Tadi sore, sewaktu ngopi sambil nonton berita di warung kopi, banyak stasiun televisi di indonesia menyiarkan penangkapan terkait kasus makar yang terjadi di Indonesia.
Tidak tangung-tanggung, tak kurang dari sepuluh orang-orang ternama ditangkap dan diboyong ke kantor kepolisian.
Berita itu cukup menghebohkan warga sejagad Indonesia.

Sambil menyeruput kopi, seseorang yang turut menonton berita televisi itu tiba-tiba bertanya; " Ai aha do tahe lapatan ni makar on..."? (Apa itu makar?)

Melihat tak ada seorang pun menjawab, lalu saya coba menjawab secara singkat kalau pengertian makar adalah suatu tindakan akal busuk atau semacam tipu muslihat dengan maksud hendak menyerang atau melakukan hal buruk terhadap orang atau sebagainya.

Dengan sedikit penjelasan saya tadi, orang-orang di sekitar mulai sedikit mengerti tentang arti dari kata makar yang belakangan ini sering muncul di media online atau layar televisi.

Untuk melengkapi penjelasan di atas, saya akan coba uraikan pengertian Makar Menurut KBBI, Contoh Makar dan Bahaya Makar.

Makar Menurut KBBI
Berikut ini arti makar menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
makar1 = akal busuk; tipu muslihat: segala — nya itu sudah diketahui lawannya; 2 perbuatan (usaha) dengan maksud hendak menyerang (membunuh) orang, dan sebagainya: karena — menghilangkan nyawa seseorang, ia dihukum; 3perbuatan (usaha) menjatuhkan pemerintah yang sah: ia dituduh melakukan

Contoh Makar
Dalam suatu perusahaan ada, seorang karyawan yang rajin dan berprestasi,
Setiap tahun jabatannya naik, sehingga membuat rekan kerja diatasnya merasa gelisah takut akan di geser posisinya, maka rekan kerja tadi membuat makar bagaimana supaya karyawan berprestasi ini celaka atau menurun prestasinya.
Motif nya bisa berbagai macam, bisa dengan menuduhnya mencuri dengan menaruh barang orang lain di mejanya, atau bisa juga dengan membuatnya terlambat rapat atau bekerja. popkoknya makarnya bisa berbagai macam.

Bahaya Makar
Bahaya makar sendiri sudah jelas merugikan orang lain yang tak bersalah.
Bayangkan jika Anda yang mengalami tipu muslihat seperti yang saya contohkan diatas, tentu semua orang tidak ingin mengalaminya bukan?
Selain itu perbuatan Makar dilarang dalam hukum di negara kita maupun hukum agama.

Saya kira cukup sekian dulu pembahasan mengenai makar, apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan di share kepada teman yang lain, semoga teman yang lain juga ikut terbantu.

0 Response to " Apa Itu Makar...??? "

Populer Hari ini

POPULER MINGGU INI

Diberdayakan oleh Blogger.

Daftar Blog Saya